Saturday, February 2, 2013

Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja Kelapa Sawit

Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit. Perkebunan kelapa sawit merupakan sebuah perusahaan yang menggunakan banyak tenaga kerja untuk setiap aktivitas yang dilakukan. Hal ini terjadi karena pekerjaan masih lebih banyak dilakukan secara manual daripada menggunakan tehnologi canggih hal ini juga bukan keinginan pengusaha tetapi karena tehnologi untuk pekerjaan tersebut memang masih terbatas jumlahnya. Karena menggunakan tenaga manusia maka otomatis para pekerja memiliki hak sesuai dengan peraturan yang berlaku terutama tentang kesehatan dan keselamatan kerja yang didalamnya termasuk penggunaan alat pelindung diri saat bekerja.

Seiring dengan pencapaian program sertifikasi baik itu RSPO (Rountable Sustainable Palm Oil), ISCC (International Sustainability Carbon Certifite) dan ISPO (Indonesia Palm Oil). Dimana kesemua sertifikasi ini mengacu kepada undang-undang yang berlaku di setiap Negara terutama untuk masalah ketenaga kerjaan. Apalagi ISPO yang merupakan mandatory atau wajib di miliki oleh setiap pengusaha perkebunan kelapa sawit bahkan petani sendiri wajib mematuhi semua prinsip dan criteria yang tertuang di dalamnya.

Di perkebunan kelapa sawit pekerja di wajibkan menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan jenis pekerjaan yang di lakukan karena alat pelindung diri yang di gunakan di sesuaikan dengan potensi resiko yang di alami oleh pekerja saat melaksanakan aktivitas pekerjaannya.
Gambar Jenis – jenis alat pelindung diri (APD)

Berikut adalah jenis-jenis dan fungsi masing-masing alat pelindung diri :
1.      Helm
Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari segala jenis benturan sehingga cedera otak dapat di minimalkan.
2.      Kaca Mata
Kaca mata berfungsi untuk melindungi mata dari serpihan benda-benda kecil seperti abu, bunga kelapa sawit, bahan kimia dan sepihan potongan benda laian.
3.      Ear Plug
Ear Plug Untuk mengurangi tingkat kebisingan pendengaran.
4.      Masker
Masker berfungsi untuk menghindari terhirupnya bahan kimia yang beracun
5.      Clemet
Clemet berfungsi agar tubuh tim semprot tidak terpapar bahan kimia karena terbuat dari bahan yang tahan air.
6.      Sarung tangan kain
Sarung tangan kain berfungsi untuk menyerap keringat dan menghindari kerusakan tangan (kapalan) karena bekerja dengan benda keras.
7.      Sarung tangan karet
Sarung tangan karet berfungsi untuk menghindari tangan terpapar bahan kimia.
8.      Sepatu AV/safty
Sepatu AV/Safty berfungsi untuk melindungi bagian kaki terkena duri, terjepit, dan benda tumpul lainnya.
Alat pelindung diri berdasarkan jenis pekerjaan di perkebunan kelapa sawit adalah sebagai berikut :
1.      Prasarana Jalan
Untuk pekerja prasarana jalan alat pelindung diri yang digunakan adalah : Helm, Sepatu AV, sarung tangan dan kacamata
2.      Pemupukan
Untuk pekerjaan pemupukan alat pelindung diri yang digunakan adalah : Topi, Masker, Clemet, sarung tangan dan Sepatu AV.
3.      Tunas Pokok
Untuk pekerjaan tunas pokok alat pelindung diri yang di gunakan adalah : Helm, kacamata, sarung tangan dan sepatu av, sarung egrek/dodos.
4.      Pengendalian Gulma Manual
Untuk pengendalian gulma secara manual alat pelindung  diri yang di gunakan adalah : topi, sarung tangan dan sepatu AV
5.      Pengendalian Gulma Kimia
Untuk pekerjaan pengendalian gulma secara kimia alat pelindung diri yang di gunakan adalah Topi, Masker, Clemet, sarung tangan kain, sarung tangan karet dan Sepatu AV.
6.      Panen
Untuk pekerjaan panen alat pelindung diri yang di gunakan adalah Helm, kacamata, sarung tangan dan sepatu av, sarung egrek/dodos.
7.      Gudang dan Kantor
Untuk pekerja gudang alat pelindung diri yang di gunakan adalah helm, Masker, Clemet, sarung tangan kain, sarung tangan karet dan Sepatu Safty.

Demikian informasi tentang alat pelindung diri (APD) yang digunakan untuk setiap jenis pekerjaan di perkebunan kelapa sawit sesuai dengan peraturan yang berlaku, semoga bermanfaat.

1 comment:

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner