Kamis, 21 Februari 2013

Cara Penanaman Kelapa Sawit

,
Cara Penanaman Kelapa Sawit. Penanaman bibit kelapa sawit merupakan kegiatan yang membutuhkan perhatian yang serius karena tanaman tersebut rentan terhadap kerusakan yang dapat mengakibatkan kematian bibit kelapa sawit yang akan di tanam. Penanaman kelapa sawit dilakukan pada areal yang sudah selesai di land cleraring, di beri titik pancang tanam dan lobang tanam sudah selesai di gali. Penanaman sebaiknya dilakukan seminggu setelah lobang selesai di gali.



Penanaman kelapa sawit sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, setelah hujan turun dengan teratur. yaitu biasanya pada bulan Agustus hingga Februari setiap tahunnya.

Adapun cara penanaman kelapa sawit adalah sebagai berikut:
1. Letakkan bibit yang berasal dari polibag di masing-masing lubang tanam yang sudah dibuat.
2. Siram bibit yang ada pada polybag sehari sebelum ditanam agar kelembaban tanah dan persediaan air cukup untuk bibit.
3. Sebelum penanaman dilakukan pemupukan dasar lubang tanam dengan menaburkan secara merata pupuk fosfat seperti Agrophos dan Rock Phosphate sebanyak 250gr/lubang.
4. Buat keratan vertikal pada sisi polybag dan lepaskan polybag dari bibit dengan hati-hati, jangan sampai tanah di dalam polibag pecah karena akan menyebabkan bibit menjadi stress. Bibit kemudian dimasukkan ke dalam lubang.
5. Timbun bibit dengan tanah galian bagian atas (top soil) dengan memasukkan tanah ke sekeliling bibit secara berangsur-angsur dan padatkan dengan tangan agar bibit dapat berdiri tegak.
6. Penanaman bibit harus diatur sedemikian rupa sehingga permukaan tanah polybag sama ratanya dengan permukaan lubang yang selesai ditimbun, dengan demikian bila hujan, lubang tidak akan tergenang air.
7. Pasang seng sebagai kandang individu untuk menghindari serangan babi, tikus dan landak.
8. Pemberian mulsa sekitar tempat tanam bibit sangat dianjurkan.
9. Setelah selesai di tanam pancang/tiang tanam kembali di tegakkan.
10. Polibag bibit kemudian di pasang pada ujung pancang/tiang tanam sebagai bukti bahwa polibag saat di tanam sudah di lepaskan.

Demikian informasi tentang cara penanaman kelapa sawit, semoga membantu dan bermanfaat.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pertanian

0 komentar to “ Cara Penanaman Kelapa Sawit ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner