Thursday, December 13, 2018

Kamus daerah Pakpak Indonesia

Aplikasi kamus daerah Pakpak Indonesia adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menerjemahkan kata dari bahasa daerah Pakpak Dairi menjadi bahasa Indonesia dan sebaliknya dari Bahasa Indonesia menjadi bahasa Pakpak. Pakpak adalah sebuah suku di Sumatera Utara

Berikut adalah penjelasan singkat tentang suku Pakpak. Suku Pakpak banyak bermukim di wilayah Kabupaten Dairi di Sumatera Utara yang kemudian dimekarkan pada tahun 2003 menjadi dua kabupaten, yakni : Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat.

Suku bangsa Pakpak kemungkinan besar berasal dari keturunan tentara kerajaan Chola di India yang menyerang kerajaan Sriwijaya pada abad 11 Masehi.



Suku Pakpak terdiri atas 5 subsuku, dalam istilah setempat sering disebut dengan istilah Pakpak Silima Suak yang terdiri dari :
A. Pakpak Klasen, berdomisili di wilayah Parlilitan yang masuk wilayah kabupaten Humbang Hasundutan dan wilayah Manduamas yang merupakan bagian dari kabupaten Tapanuli Tengah.
B. Pakpak Simsim, berdiam di kabupaten Pakpak Bharat.
C. Pakpak Boang, bermukim di provinsi Aceh yaitu di kabupaten Aceh Singkil dan kota Subulussalam. Suku Pakpak Boang ini banyak disalahpahami sebagai suku Singkil.
D. Pakpak Pegagan, bermukim di Sumbul dan sekitarnya di Kabupaten Dairi.
E. Pakpak Keppas, bermukim di kota Sidikalang dan sekitarnya di Kabupaten Dairi.

Marga dari suku Pakpak : Anakampun, Angkat, Bako, Bancin, Banurea, Berampu, Berasa, Beringin, Berutu, Bintang, Boang Manalu, Capah, Cibro, Gajah Manik, Gajah, Kabeaken, Kesogihen, Kaloko, Kombih, Kudadiri, Lingga, Maha, Maharaja, Manik, Matanari, Meka, Maibang, Padang, Padang Batanghari (BTH), Pasi, Penarik Pinayungan, Ramin, Sambo, Saraan, Sikettang, Sinamo, Sitakar, Solin, Saing, Tendang, Tinambunan, Tinendung, Tumangger, Turutan, Ujung.
Suku bangsa Pakpak diikat oleh struktur sosial yang dalam istilah setempat dengan sulang silima. Sulang silima terdiri dari lima unsur yakni: 1. Sinina tertua (Perisang-isang (keturunan atau generasi tertua) 2. Sinina penengah (Pertulan tengah (keturunan atau generasi yang di tengah) 3. Sinina terbungsu (perekur-ekur = keturunan terbungsu) 4. Berru (kerabat penerima gadis) 5. Puang (kerabat pemberi gadis)

Upacara adat Pakpak dinamakan dengan istilah kerja atau kerja-kerja. Namun saat ini sering juga digunakan istilah pesta. Upacara adat tersebut terbagi atas dua bagian besar yakni: 1. Upacara adat yang terkait dengan suasana hati gembira dinamakan kerja baik; 2. Upacara adat dalam suasana tidak gembira dinamakan kerja jahat.

Contoh kerja baik adalah: merbayo (upacara perkawinan), menanda tahun (upacara menanam padi), merkottas (upacara untuk memulai sesuatu pekerjaan yang beresik) dan lain-lain. Contoh kerja jahat adalah mengrumbang dan upacara mate ncayur ntua (upacara kematian).

Aplikasi ini dilengkapi dengan pencarian kata dimana anda dapat menuliskan kata pada kotak pencarian kemudian akan dilakukan pemilahan kata sesuai dengan kata yang anda cari dari dalam database.

Anda juga dapat membagikan kata yang anda terjemahkan dari kamus Pakpak Indonesia dengan menekan kata yang dipilih dan akan keluar pilihan berbagi baik berupa sms, sosial media, email dan juga dapat di copy untuk di tuliskan pada software office diperangkat  anda.

Download kamus Bahasa Pakpak Offline di playstore

Tag : Kamus Pakpak, Kamus pakpak, kamuspakpak, Pakpak-Indonesia, Kamus Pakpak, kamus Pakpak indonesia, kamus toba Indonesia, kamus Pakpakindonesia, kamus Pakpak lengkap, kamus Pakpak Toba lengkap, kamus Pakpak offline, kamus Pakpak lengkap offline.Pakpak Indonesia, kamus daerah Pakpak, kamus daerah Toba.

No comments:

Post a Comment

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner