Rabu, 10 Juli 2013

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

,
Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa. Pada saat berpuasa tentu anda juga tidak ingin orang menghindari anda saat berbicara karena aroma yang keluar dari mulut tidak sedap alias bau. Bau mulut ini memang sangat menggangu oleh karena itu harus segera di atasi mengigat saat berpuasa kesempatan untuk mengatasinya adalah antara sahur dan berbuka puasa sehingga jaraknya sekitar 13 jam mulut tidak di  bersihkan. Bau mulut secara umum disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Penyebab bau mulut adalah sebagai berikut ini :
1. Pertumbuhan bakteri yang sangat cepat karena produksi saliva berkurang di mulut alhasil bau mulut muncul karena bakteri yang banyak.
2. Bakteri mengolah sisa makanan di dalam mulut dan menghasilkan senyawa sulfur sehingga membuat nafas menjadi bau.
3. Mengkonsumsi makanan yang bau seperti petai, jengkol, bawang putih dan bawang karena akan meninggalkan sisa di mulut dan minyak yang terbawa ke paru - paru akibatnya nafas anda akan menjadu bau.
4. Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut karena akan mengurangi produksi air liur yang berguna untuk mengurangi bakteri di dalam mulut.
5. Proses Metabolisme tubuh. Saat tubuh kekurangan karbohidrat maka lemak akan di pecah menjadi glukosa karena lemak merupakan cadangan makanan dalam tubuh. Proses metabolisme ini akan menghasilan keton yang merupakan penyebab nafas menjadi bau.
6. Gigi yang berlubang juga salah satu penyebab nafas menjadi bau karena didalamnya terdapat bakteri yang menguraikan sisa makanan.

Cara untuk mengatasi bau mulut harus anda sesuaikan dengan penyebab bau mulut anda sehingga pencegahan akan sesuai. adapun cara yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :
1. Gosok gigi secara teratur
Gosok gigi berguna untuk membesihkan sisa makanan di dalam mulut sehingga pertumbuhan bakteri akan lambat. Saat ini sudah banyak odol gigi yang dapat bertahan hingga 12 jam ini tentu cocok karena kita berpuasa selama lebih dari 12 jam.
2. Hindari makanan berbau
Konsumsilah makanan yang tidak menghasilkan bau mulut seperti buah - buahan dan sayuran. Hindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut seperti durian,petai, kabau, jengkol, bawang merah, bawang putih, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula.
3. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin C
Kosumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C yang terdapat dalam syuran dan buah - buahan karena selain menjaga stamina dan kekebalan tubuh vitamin C berguna menghambat bakteri yang menyebabkan bau mulut dan melindungi gigi dan gusi agar selalu sehat.
4. Jangan merokok sebelum sahur
5. Obati gigi yang sedang berlubang.

Jika cara di atas masih juga kurang ampuh anda dapat mencoba untuk menggunakan ramuan tradisional untuk menghilangkan bau mulut berikut ini :
Bahan : 4 lembar daun jambu biji
Cara : Kunyahlah 4 lembar daun jambu biji yang masih muda, seperti mengunyah sirih. Rasanya adalah sepat manis jika anda merasa terlalu sepat silahkan di bubuhi garam.
Lakukan 2 kali sehari saat berbuka dan sesudah sahur. Maka bau mulut anda akan hilang.

Atau dapat juga dilakukan dengan cara alami berikut ini :
Bahan : 4 Lembar Daun sirih
Cara Pembuatan : Remas-remas daun sirih segar kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya sisa 1 gelas, saring dan dinginkan.
Cara penggunaan : Gunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur 2 kali sehari.

Demikian sedikit tips bagi anda untuk menghindari bau mulut saat berpuasa semoga bau mulut ini bukan menjadi penghalan bagi anda saat melakukan puasa.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait kesehatan , tips

0 komentar to “ Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner