Thursday, July 4, 2013

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan. Jahe merah sama dengan tanaman jahe perbedaanya terletak pada warna ruimpangnya yang merah sedangkan jahe memiliki warna kekuningan. Tanaman ini sudah di gunakan sejak dahulu kala sebagai tanaman obat-obatan dan juga sebagai bahan minuman karena memiliki rasa pahit dan pedas yang lebih kuat dari jahe biasa. Tanaman jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale varietas rubrum. Di Aceh dan Ambon dikenal dengan nama halia, bahing di Tanah karo, sipadeh atau sipodeh di Padang, Jahi (Lampung), jae (Jawa), Jahe (sunda), jhai (Madura), pese (Bugis) sedangkan di Irian Jaya dikenal dengan nama lali.

Di Inggris dikenal dengan nama Ginger / Red Ginger, Khan Jiang di China, Gingembre di French dan Chiang di China.

Tanaman jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan, Berikut adalah manfaat jahe merah bagi kesehatan :

1. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

2. Mengobati influenza, pusing dan migran

3. Menghangatkan badan dan peluruh keringat

4. Mencegah dan mengobati masuk angin

5. Mengobati radang tenggorokan dan asma

6. Memperbaiki fungsi pencernaan

7. Mengatasi perut kembung dan mengurangi rasa mual

8. Melancarkan peredaran darah

9. Mengatasi nyeri dan gejala rematik

10. Memperlancar ASI (air susu Ibu)

11. Memperlambat proses penuan dan merangsang regenari kulit

12. Menembah keperkasaan dan mencegah kemandulam

13. Meningkatkan daya tahan sperama

14. Mengatasi ejakulasi dini

Dibalik beberapa manfaatnya ternyata tumbuhan ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap penyakit maag dan wanita hamil. Jika orang yang mempunyai maag dianjurkan hati-hati, atau malah tidak usah mengkonsumsinya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena di dalam jahe merah terkandung senyawa gingerol, yang bisa membuat lambung dalam tubuh kita panas.

Ibu yang sedang hamil juga dianjurkan tidak mengkonsumsi jahe merah ini, dikarnakan jahe merah mempunyai kandungan yang bisa membahayakan kandungan anda.

Demikian informasi tentang manfaat jahe merah bagi kesehatan, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner