Monday, May 13, 2013

Jenis Dan Efek Samping Antibiotik

Jenis Dan Efek Samping Antibiotik Bagi Kesehatan. Antibiotik digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang diaplikasikan dengan obat utama untuk menyembuhkan. Antibiotik hanya melawan infeksi bakteri dan tidak bekerja melawan infeksi virus, karena itu kenali terlebih dahulu jenis antibiotik sebelum Anda mengkonsumsinya.

Antibiotik dan cara kerjanya :
Penicillin merupakan antibiotik pertama yang ditemukan pada tahun 1928 dari spesies jamur Penicillium oleh pemenang Nobel, Sir Alexander Flemming. Nama antibiotik diusulkan pada tahun 1942 oleh Selman Waksman Abraham, seorang ahli biokimia dan mikrobiologi asal Amerika. Kemajuan dalam bidang kimia obat-obatan inilah yang akhirnya menghasilkan senyawa antibiotik dari mikroorganisme hidup maupun zat sintetis.

Cara kerja antibiotik mengobati infeksi bakteri bervariasi sesuai dengan jenis dari antibiotik itu sendiri. Berdasarkan formulasi obat dan cara memerangi bakteri, ada dua jenis antibiotik bakteriostatik dan bakterisida.

Antibiotik Bakteriostatik
Antibiotik Bakteriostatik menghambat pertumbuhan bakteri bahkan membunuhnya secara langsung. Karena bakteri patogen terhambat pertumbuhannya, sistem kekebalan tubuh dapat dengan mudah memerangi infeksi.

Contoh antibiotik bakteriostatik adalah spectinomycin (mengobati gonore), tetracycline (umum digunakan untuk infeksi), chloramphenicol (untuk semua jenis infeksi bakteri), dan macrolide (efektif untuk bakteri gram positif).

Antibiotik Bakterisida
Antibiotik bakterisida mengandung senyawa aktif yang secara langsung membunuh bakteri. Antibiotik jenis ini menargetkan dinding sel luar, membran sel bagian dalam, serta susunan kimia bakteri.

Contoh umum antibiotik bakterisida adalah penicillin (menyerang dinding sel luar), polymyxin (menargetkan membran sel), dan quinolone (mengganggu jalur enzim).

Jenis Antibiotik
Lebih dari seratus jenis antibiotik yang diproduksi secara alami dan sintetis. Namun sangat sedikit yang terbukti aman dan efektif penggunaannya. Sebaiknya ketahui dulu klasifikasi setiap jenis antibiotik.

Salah satunya dengan cara mengklasifikasikan antibiotik berdasarkan efek pada bakteri atau melalui struktur kimia.

Antibiotik yang berdasarkan struktur bahan kimia antara lain :
1. Penicillins
Penicillins adalah antibiotik pertama yang ditemukan secara tidak sengaja oleh Alexander Fleming dari kultur jamur besar yang dapat berpengaruh alergi terhadap sefalosporin.

Jenis antibiotik Penicillins atau beta-laktam adalah kelas antibiotik kelompok agen bakterisida yang terdiri dari penisilin G, penisilin V, ampisilin,tikarsilin, kloksasilin, oksasilin, amoksisilin, dan nafsilin.

Kelas antibiotik ini digunakan untuk mengobati infeksi yang berkaitan dengan kulit, gigi, mata, telinga, saluran pernapasan dan lainnya. Hanya saja jenis antibiotik penicillins ini dapat merusak dinding sel bakteri saat bakteri sedang dalam proses reproduksi.

Namun sebagian orang mengalami alergi terhadap penisilin, dengan keluhan ruam atau demam karena hipersensitivitas terhadap antibiotik. Karena itu penicillins selalu diberikan dalam kombinasi dengan berbagai jenis antibiotik dan obat lain yang saling mendukung.

2. Cephalosporins
Cephalosporins sama
seperti halnya penisilin, bekerja dengan mengganggu pembentukan dinding sel bakteri selama reproduksi. Antibiotik ini mampu mengobati berbagai infeksi bakteri yang tidak dapat diobati dengan penisilin, seperti meningitis, gonorrhea dan lainnya.

Bahkan dalam kasus beberapa orang yang sensitif terhadap penisilin, cephalosporins bisa diberikan sebagai alternatif. Namun umumnya seseorang yang alergi terhadap penisilin, kemungkinan besar alergi pula terhadap cephalosporins.

3. Aminoglycosides
Jenis antibiotik aminoglycosides dapat menghambat pembentukan protein bakteri dalam tubuh. Antibiotik ini dapat diberikan pada penderita penyakit typhus dan pneumonia.

Aminoglycosides diberikan dalam kombinasi dengan penisilin atau sefalosporin yang sangat efektif untuk mengobati bakteri penyebab infeksi yang memiliki risiko bakteri semakin bertahan terhadap antibiotik. Jenis antibiotik ini sangat efektif mengendalikan dan mengobati infeksi bakteri. Namun berpotensi melemahkan ginjal dan fungsi hati.

4. Macrolides
Antibiotik macrolides memiliki spektrum lebih luas dibandingkan dengan penisilin dan digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran lambung dan lainnya. Namun macrolides dapat mencegah biosintesis terhadap protein bakteri. Biasanya diberikan untuk mengobati pasien yang sangat sensitif terhadap penisilin.

Efek sampingnya adalah ketidaknyamanan pencernaan, mual, dan diare. Antibiotik ini juga dilarang untuk wanita hamil dan menyusui.

5. Sulfonamides
Antibiotik sulfonamides sangat efektif mengobati infeksi ginjal. Namun sayangnya memiliki efek berbahaya juga pada ginjal. Ini disebabkan oleh sistem pembentukan kristal dari kandungan kimia. Karena itu untuk mencegah pembentukan kristal obat, pasien diharuskan banyak-banyak minum air mineral saat mengkonsumsi antibiotik sulfonamides. Salah satu obat sulfa yang paling sering digunakan adalah gantrisin.

6. Fluoroquinolones
Fluoroquinolones merupakan satu-satunya kelas antibiotik yang secara langsung dapat menghentikan sintesis DNA bakteri. Antibiotik ini dianggap relatif aman dan banyak digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih dan saluran pernapasan.

Sayangnya antibiotik ini, dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang. Maka tidak direkomendasikan pada wanita hamil dan anak-anak. Efek samping lainnya adalah mual, muntah dan diare.

7. Tetracyclines dan polypeptides
Jenis antibiotik tetracyclines adalah antibiotik spektrum luas yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi. Seperti infeksi gendang telinga, saluran pernafasan dan saluran kantung kemih.

Sayangnya tidak baik bagi orang yang mengalami gangguan fungsi hati. Sedangkan polypeptides dianggap cukup beracun sehingga hanya digunakan pada permukaan kulit saja.

Polypeptides dapat menyebabkan efek samping seperti kerusakan ginjal dan saraf.

Sasaran Spesifik
Satu jenis antibiotik tidak akan mampu membunuh semua bakteri. Antibiotik juga diklasifikasikan berdasarkan kekhususan target. Itu sebabnya antibiotik diklasifikasikan menjadi antibiotik spektrum luas dan antibiotik spektrum sempit.

Antibiotik spektrum luas efektif membunuh jenis bakteri patogen (tetracycline, tigecycline, dan chloramphenicol). Sedangkan antibiotik spektrum sempit (oxazolidinone dan glycylcycline) direkomendasikan untuk mengobati jenis tertentu dari bakteri penyebab penyakit.

Resistensi Antibiotik
Penggunaan jangka panjang antibiotik atau terlalu sering menggunakan antibiotik dengan dosis semakin meningkat akan

No comments:

Post a Comment

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner