Selasa, 22 Januari 2013

Cerita Dongeng Sebelum Tidur

,

Cerita Dongeng Sebelum Tidur. Dahulu kala orang tua sebelum menidurkan anaknya sering bercerita dongeng tetapi dongeng tersebut bukan sembarang dongeng kerana pada akhir cerita akan ada sebuah makna yang dapat di ambil dan biasanya makna dari cerita tersebut adalah untuk mendidik budi pekerti.

Di zaman sekarang sehubungan dengan berkembangnya tehnologi orang tua sudah sangat jarang yang bercerita dongeng kepada anak sebelum tidur, tetapi lebih sering mengajak anak menonton film sinetron yang tidak jelas maknanya. Mungkin inilah salah satu penyebab anak - anak sekarang memiliki budi pekerti yang sangat rendah. Supaya anda dapat bercerita tentang cerita dongeng berikut adalah contohnya.

Berikut adalah contoh dongeng sebelum tidur dengan judul : Kerbau dan Kambing

Seekor kerbau jantan berhasil lolos dari serangan seekor singa dengan cara memasuki sebuah gua dimana gua tersebut sering digunakan oleh kumpulan kambing sebagai tempat berteduh dan menginap saat malam tiba ataupun saat cuaca sedang memburuk. Saat itu hanya satu kambing jantan yang ada di dalam gua tersebut. Saat kerbau masuk kedalam gua, kambing jantan itu menundukkan kepalanya, berlari untuk menabrak kerbau tersebut dengan tanduknya agar kerbau jantan itu keluar dari gua dan dimangsa oleh sang Singa. Kerbau itu hanya tinggal diam melihat tingkah laku sang Kambing. Sedang diluar sana, sang Singa berkeliaran di muka gua mencari mangsanya.

Lalu sang kerbau berkata kepada sang kambing, "Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat singa itu pergi, saya akan memberi kamu pelajaran yang tidak akan pernah kamu lupakan."

Makna cerita : Sangatlah jahat, mengambil keuntungan dari kemalangan orang lain.
 
Contoh dongeng sebelum tidur dengan judul : Anjing dan Bayangannya

Seekor anjing yang mendapatkan sebuah tulang dari seseorang, berlari-lari pulang ke rumahnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia menunduk ke bawah dan melihat bayangan dirinya terpantul dari air di bawah jembatan itu. Anjing yang serakah ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa sebuah tulang yang lebih besar dari miliknya.

Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu bahwa itu hanyalah bayangannya. Tetapi anjing itu tidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing serakah tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tepi sungai. Saat dia selamat tiba di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan sedih karena tulang yang di bawanya malah hilang, dia kemudian menyesali apa yang terjadi dan menyadari betapa bodohnya dirinya.

Makna cerita : Sangatlah bodoh memiliki sifat yang serakah

Demikian dulu info seputar cerita dongeng sebelum tidur semoga membantu dan selamat mencoba.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait tips

0 komentar to “ Cerita Dongeng Sebelum Tidur ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner