Rabu, 30 Januari 2013

Gejala Kurang Pupuk Borate Kelapa Sawit.

,
Gejala Kekurangan Pupuk Borate Pada Tanaman Kelapa Sawit. Pupuk Borate merupakan pupuk yang sangat kecil dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit tetapi pupuk ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kelapa sawit. Borate merupakan salah satu jenis pupuk yang di butuhkan oleh tanaman termasuk kelapa sawit, selain pupuk borate tanaman kelapa sawit juga membutuhkan pupuk Urea, TSP, MOP dan dolomite silahkan di klik jika ingin membaca artikelnya karena sudah di tulis secara lengkap.
Pupuk borate mengandung % unsur hara boron.

Fungsi pupuk borate bagi tanaman kelapa sawit adalah :
Unsur hara boron pada pupuk borate berguna sebagai katalisator dalam tanaman kelapa sawit yaitu fungsi untuk mempercepat setiap reaksi kimia di dalam tubuh tanaman.

Dosis pupuk borate untuk kelapa sawit adalah 100 gr/batang yang di aplikasikan 1 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli. Pupuk borate dapat di taburkan pada bulan kering.

Sehubungan dengan sertifikasi di perkebunan kelapa sawit yaitu RSPO, ISCC dan ISPO maka penaburan pupuk MOP tidak di benarkan dekat dengan pinggir sungai untuk menghindari pencemaran, jarak minimal adalah 10 m dari pinggir sungai.

Gejala kekurangna pupuk borate terlihat pada bawah :
1. Ujung helaian daun melipat seperti pancing
2. Ujung helaian daun keriting

Demikian informasi tentang gejala kekurangan pupuk borate pada tanaman kelapa sawit. semoga bermanfaat dan menambahah ilmu anda.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait berita , pertanian

0 komentar to “ Gejala Kurang Pupuk Borate Kelapa Sawit. ”

Poskan Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner