Rabu, 30 Januari 2013

Gejala Kekurangan Unsur Hara Kelapa Sawit

,
Gejala Kekurangan Unsur Hara Tanaman Kelapa Sawit. Semua jenis tanaman membutuhkan pupuk untuk bertumbuh dan berkembang. Pupuk mengandung unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman untuk proses pertumbuhan akar, batang, daun, bunga dan buah. Dalam artikel kali ini KCM akan mempublikasikan gejala kekurangan unsur hara pada tanaman kelapa sawit.

Pupuk dan unsur hara yang dikandungnya yang di butuhkan oleh tanaman kelapa sawit ;
1.  ZA/Urea mengandung unsur hara nitrogen berguna untuk pertumbuhan daun.
2. MOP/KCl mengandung unsur hara Kalium berguna untuk pertumbuhan batang
3. RP/TSP mengadung unsur hara Phosphat berguna untuk pertumbuhan akar
4. Dolomite/Kieserite mengandung unsur hara Magnesium berguna untuk perumbuhan bunga dan buah
5. Borate mengandung unsur hara boron berguna sebagai katalisator.

Kelima jenis pupuk tersebut wajib di butuhkan oleh tanaman kelapa sawit setiap tahunnya dan untuk tanah gambut masih di perlukan unsur mikro tambahan lainnya seperti besi.

Berikut adalah gejala kekurangan unsur hara pada tanaman kelapa sawit :
1. Gejala kekurangan unsur hara Nitrogen
Gejala kekurangna unsur hara nitrogen terlihat pada daun yang paling ujung atau daun muda dimana warna daun menjadi pucat terutama di siang hari akan kelihatan dengan jelas sekali.
2. Gejala kekurangan unsur hara Kalium
Gejala kekurangan unsur hara kalium pada tanaman kelapa sawit terlihat dengan daun yang berbintik-bintik kuning pada daun yang tua dan jika dalam kondisi defisiensi yang tinggi maka jumlah pelepah yang memiliki bercak kuning ke merah-merahan akan menjadi banyak.
3. Gejala kekurangan unsur hara Magnesium
Gejala kekurangan unsur hara magnesium pada tanaman  kelapa sawit terlihat pada daun tua dengan gejala helaian daun mulai mengguning dari pinggir dan semakin melebar menuju ke tengan helaian daun dan terjadi pada pelepah yang sebelah bawah. Jika defesiensi terus berlanjut maka gejala kekuningan tersebut akan berubah menjadi kering. Pada beberapa kebun petani hal ini yang paling sering terlihat dimana beberapa pelepah daun sudah menjadi kering.
4. Gejala Kekurangan  unsur hara Phosfat
Gejala kekurangan unsur hara magnesium pada tanaman kelapa sawit terlihat pada daun gulma sekitar sawit dan batang. gejalanya adalah batang kelapa sawit semakin ke atas semakin runcing sedangkan kalau pada vegetasi terlihat beberapa daun tanaman berubah dari warna hijau menjadi warna ungu.
5. Gejala kekurangan Boron
Gejala kekurangan unsur hara boron pada tanaman kelapa sawit terlihat pada daun bawah yaitu ditandai dengan daun yang ujungnya melipat seperti pancing dan ada juga yang keriting. Jika defisiensi tinggi maka jumlah daun yang keriting semakin banyak.
Demikian informasi tentang gejala kekurangan unsur hara pada tanaman kelapa sawit.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait berita , pertanian

0 komentar to “ Gejala Kekurangan Unsur Hara Kelapa Sawit ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner