Kamis, 28 Maret 2013

Arti Dan Prinsip Kaizen

,
Arti Dan Prinsip Kaizen. Pernahkah anda mendengar kata kaize? Kaizen adalah bahasa Jepang yang artinya perbaikan secara terus-menerus. Defenisi kaizen yaitu perbaikan terus-menerus yang melibatkan seluruh karyawan mulai dari manajemen level atas hingga manajemen level bawah.

Filosofi utama kaizen adalah menghilangkan pemborosan dan menghasilkan zero defect (kesempurnaan).

Prinsip-prinsip kaizen adalah :
1. Reduce/Meringkas
Yaitu membuat tujuan kerja. Kaizen yang paling baik adalah tercapainya sasaran meskipun untuk itu diperlukan penghentian suatu pekerjaa.

2. Combine/Menggabungkan
Dilakukan dengan menggabungkan pekerjaan dengan pekerjaan yang lain dengan memanfaatkan semua anggota tubuh.

3. Integrated/Merubah Urutan
Cara ini dilakukan dengan membuat perubahan susunan urutan pekerjaan atau susunan barang sehingga akan di peroleh produktivitas yang lebih tinggi. Perubahan dilakukan pada proses atau tahapan produksi untuk mendapatkan suatu proses produksi yang seimbang waktunya.

4. Simplify/Memudahkan
Prinsip kaizen berikutnya adalah perubahan yang dilakukan berguna untuk mempermudah pekerja dalam melakukan suatu pekerjaan. cara ini dapat dilakukan dengan menambahkan alat baru atau merubah metode kerja yang sudah ada.

Siklus Kaizen adalah kegiatan yang terdiri dari Plan-Do-check-Act atau sering disebut dengan nama PDCA.
1. Plan/Rencana
Penetapan target untuk perbaikan dan perumusan rencana guna mencapai target tertentu.

2. Do/lakukan
Pelaksanaan semua renca yang sudah di buat.

3. Check / Periksa
Kegiatan ini adalah mensupervisi dengan cara memeriksa  pekerjaan yang sudah dilaksanakan untuk memastikan agar berjalan sesuia dengan rencana sekaligus memantau kemajuan yang sudah di raih.

4. Act/Tindakan
Yaitu menindaklanjuti ketiga langkah di atas untuk membuat sistem yang baru yang lebih baik untuk menghindari terjadinya masalah yang sama.

Sasaran akhir kaizen adalah tercapainnya kualitas, biaya, distribusi sehingga pada prakteknya kaizen menempatkan kualitas pada prioritas tertinggi. Kaizen mengajarkan bahwa perusahaan tidak akan mampu bersaing jika kualitas produk dan pelayanan memadai sehingga komitmen manajemen terhadap kualitas sangat di junjung tinggi.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait berita , tips

1 komentar :

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner