Sabtu, 16 Maret 2013

Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Benar

,
Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Benar. Untuk melamar sebuah pekerjaan maka di butuhkan surat lamaran kerja, surat lamaran kerja merupakan langkah awal untuk penerimaan karyawan. Jika surat lamaran kerja anda tidak benar maka sudah pasti anda akan di tolak untuk bekerja di perusahaan yang anda lamar.

Banyak orang mengalami frustasi karena surat lamaran yang di kirim tidak kunjung mendapatkan balasan surat panggilan, nah kalau hal ini anda alami maka ada baiknya anda membaca artikel ini karena akan di bahas bagaimana cara membuat surat lamaran yang benar.

Cara membuat lamaran kerja yang benar adalah sebagai berikut :
1. Persyaratan Kerja
Sebelum membuat lamaran sebaiknya anda membaca dengan seksama persyaratan yang diminta karena jika anda tidak memenuhi persyaratan maka sudah pasti lamaran anda akan di tolak. Jika anda merasa memiliki kompetensi yang cukup maka selanjutnya adalah membuat surat lamaran kerja.
2. Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran yang di buat harus sesuai dengan permintaan perusahaan yang membuka lowongan kerja tetapi biasanya hal ini hampir sama saja . Berikut adalah contoh surat lamaran kerja :

contoh surat lamaran kerja di bank :

Kepada YTH.
HRD
BANK MANDIRI
Bandung
Jl. Asia Amerika 124 Bandung
Up. Bag. SDM

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di Bank Mandiri Bandung untuk bagian Cliring Officier, maka dengan ini saya :

Nama Lengkap     : xxxxxxxxxxxxx
Tempat/Tanggal Lahir     : xxxxxxxxxxxxx
Alamat        : xxxxxxxxxxxxx
No Telp/Email     : xxxxxxxxxxxxx
Status         : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir     : xxxxxxxxxxxx
IPK Terakhir     : xxxxxxxxxxxx

Mengajukan diri untuk melamar posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Curriculum Vitae.
2. Foto copy ijazah D3- dan transkip nilai.
3. Foto copy Kartu tanda penduduk yang masih berlaku.
4. Pas photo berwarna terbaru.

Demikian surat lamaran yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin, saya akan melakukan yang terbaik untuk PT Bank Mandiri. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya ucapkan terima kasih.

Semarang, 17 Juni 2013
Hormat Saya,

xxxxxxxxxxxx

catatan : xxxxxxxx = isikan dengan data diri anda.

Di surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus di perhatikan :
a. Hindari kesalahan penulisan nama perusahaan.
b. Hindari kesalahan pengetikan kata-kata karena akan membingungkan HRD.
c. Lengkapi data pendukung di bagian lampiran.
d. Buat surat lamaran dengan tulisan serapi mungkin.
e. Alamat anda harus jelas agar surat balasan dapat sampai ke tangan anda.
f. Nomor telepon yang dapat dihubungi harus di tuliskan karena saat ini sudah sangat jarang surat panggilan dikirimkan lewat post tetapi lebih sering anda akan di hubungi via telepon.
g. Email harus tersedia. Beberapa perusahaan saat ini mengirimkan surat panggilan lewat email dan ada juga yang mengirimkan beberapa formulir yang harus anda isi lewat email jadi alangkah baiknya anda sudah harus punya email ( kalau belum punya klik di sini untuk mempelajari).

3. Lampiran Berkas
Setelah surat lamaran kerja selesai maka selanjutnya adalah melengkapi surat lamaran kerja dengan persyaratan yang diminta. Hal yang perlu di perhatikan adalah :
a. KTP harus masih hidup
b. Nama harus sesuai di semua dokumen
c. Gunakan ijazah yang memiliki legalisir dari instansi terkait
d. Semua dokumen yang memiliki masa berlaku harus belum jatuh tempo
e. Kondisi dokumen dalam keadaan baik sehingga tidak menimbulkan kecurigaan palsu
f. Photo yang di berikan adalah foto terbaru hal ini bertujuan agar pada saat wawancara atau test selanjutnya sesuai dengan anda.
Setelah semua dokumen terkumpul maka dokumen di satukan dengan susunan :
1. Photo di atas surat lamaran
2. Foto copy KTP
3. Surat lamaran
3. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
4. Foto copy Kartu keluarga
5. Foto copy ijazah
6. Foto copy sertifikat pelatihan/khursus
7. dll

4. Amplop
Surat lamaran yang telah dilengkapi dengan pendukungnya kemudian di masukkan ke dalam amplop tertutup dan di lem. Di amplop kemudian di tuliskan pengirim dan alamat tujuan dimana pengirim berada di sudut kanan bawah dan alamat tujuan berada di sudut kiri atas. Hal -hal yang harus di perhatikan di amplop adalah :
a. Alamat tujuan harus lengkap dan sesuai terutama jika anda mengirimkan lewat pos hal ini untuk menghindari kesalahan alamat
b. Kode lamaran. Jika surat lamaran telah sampai ke perusahaan yang anda tuju tetapi karena tidak ada kode tujuan maka kemungkinan besar surat lamaran anda akan masuk tong sampah. Jadi anda jangan sampai lupa menuliskan kode lamaran jika di minta.

5. Menunggu Panggilan
Kalau semua tahap di atas sudah anda lakukan maka sudah saatnya anda menunggu panggilan untuk melakukan ke test penerimaan karyawan tahap berikutnya. Demikian informasinya semoga membantu.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pendidikan

0 komentar to “ Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Benar ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner