Senin, 11 Maret 2013

Cara Manajemen Waktu Yang Baik

,
Cara Manajemen Waktu Yang Baik. Banyak pengusaha online hingga pegawai kantoran merasakan waktu yang dilewati setiap hari terasa sangat singkat sehingga pekerja yang seharusnya sudah di selesaikan tidak dapat diselesaikan akibat kekurangan waktu. Tetapi hal ini seringkali terjadi karena manajemen waktu yang tidak tepat sebab sebagian orang berhasil menyelesaikan volume pekerjaan yang sangat banyak secara tepat waktu. Waktu terasa kurang karena pekerjaan yang menumpuk sehingga tidak dapat selesai sesuai jadwal, untuk itu di perlukan manajemen waktu yang baik. Dalam posting kali ini kita akan membahas bagaimana cara memanajeman waktu yang baik sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Manajemen waktu berarti pengaturan waktu sesuai dengan kebutuhan pekerjaan sehingga pekerjaan akan selesai tepat waktu.
 
Berikut adalah tujuh cara manajemen waktu buat anda :

a. Buat Rencana Kerja.
Perencanaan yang baik sudah menyelesaikan 30% pekerjaan anda sehingga anda perlu membuat daftar yang harus anda kerjakan. Urutkan sesuai prioritas yang harus anda kerjakan lebih dulu dan buat jam untuk mengerjakannya serta batas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kerjakan satu per satu sampai selesai sesuai dengan rencana.

b. Disiplin deadline.
Jika kita melanggar perencanaan yang sudah di buat artinya kita sudah menunda salah satu pekerjaan sehingga pada waktu berikutnya sudah 2 pekerjaan yang akan menunggu oleh karena itu di butuhkan disiplin deadline. Manajemen waktu yang paling tepat adalah mematuhi dealine agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Sebab jika tidak, anda berarti butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Artinya juga, lebih banyak tenaga dan biaya yang anda keluarkan; dan mungkin anda juga jadi kehilangan peluang lain.

c. Kerapian.
Kerapian baik di meja kerja maupun isi komputer akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik karena mempermudah menemukan yang anda butuhkan saat bekerja. sebaliknya, ketidakrapian bisa membuat anda membutuhkan lebih banyak waktu. Misalkan saja, anda tengah membutuhkan sebuah arsip. Kerapian maksudnya adalah cara menyusun peralatan kerja dimana di meja kerja hanya tersedia barang yang di butuhkan dan mudah untuk di ambil seperti arsip, kertas, pulpen, pensil, dll.

d. Tidak multi-tasking.
Multitasking hanya membantu anda memulai semua tugas tersebut, tapi tidak menyelesaikannya. Bisa-bisa malah tak satupun pekerjaan yang selesai.

e. Cek email terus-menerus.
Kalau anda termasuk orang yang tiap beberapa menit mengecek email, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Terkecuali memang tugas anda sebagai customer support yang memang harus memastikan tiap email direspon dengan cepat.  Jika tidak, anda bisa cek email cukup di pagi, siang, dan sore hari.

f. Hindari gangguan.
Untuk mempercepat tugas anda selesai, sebisa mungkin hindari gangguan yang mungkin muncul. Cari tempat untuk bekerja yang tenang. Jika perlu, tutup pintunya. Dan jika ada telepon, tak perlu diangkat.

g. Istirahat.
Jangan lupa untuk ambil break. Ini akan membantu untuk memulihkan tenaga dan fokus anda agar siap untuk kembali bekerja. Beri juga hadiah buat diri anda sendiri jika sukses menyelesaikan tugas-tugas anda tepat waktu.

Demikian tips tentang manajemen waktu kerja yang benar semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk membaca tips yang lainnya.

Tag : pengertian waktu, puisi waktu, manajemen waktu, manajemen waktu ppt, waktu dunia, waktu bondan, waktu sholat, waktu dalam islam
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait tips

0 komentar to “ Cara Manajemen Waktu Yang Baik ”

Poskan Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner