Friday, March 1, 2013

Ukuran Lapangan futsal Standart Internasional



Ukuran Lapangan futsal Standart Internasional. Saat ini permainan bola futsal sangat di gemari oleh banyak orang di Dunia termasuk di Indonesia. Bermain futsal mirip dengan bola kaki perbedaan terletak pada ukuran lapangan dan jumlah pemainnya. Dalam artikel kali ini akan di bahas mengenai ukuran lapangan sepak bola futsal.

Untuk ukuran international lapangan futsal memiliki ukuran lapangan 20 m x 40 m dan ukuran gawang adalah 3 m x 2 m. Ukuran international adalah : Lebar lapangan 18 - 25 mtr sedangkan Panjang adalah 38 - 42 mtr.

Di Indonesia ukuran lapangan futsal yang sering di gunakan adalah : 16 x 26 mtr = 416 mtr. Ukuran tersebut diambil dari ukuran jaring ke jaring, dan untuk ukuran area main, dari ukuran tersebut diambil lagi 50 cm di keempat sisinya sehingga area main efektif 15 x 25 mtr = 375 mtr. 

Gambar ukuran lapangan futsal 



Gambar ukuran gawang futsal
 
Ukuran tiang gawang futsal adalah sebagai berikut :
  1. Lebar 3 mtr
  2. Tinggi 2 mtr
  3. Tiang atas ke belakang 35 cm
  4. Tiang bawah ke belakang 50 cm
bahan yang digunakan biasanya pipa hitam ukuran 3" untuk tiang depan dan 2.5" utk tiang belakang. 
Jika ingin membangun lapangan standard nasional, maka dibutuhkan paling sedikit 16 x 26 m = 416 mtr untuk lapangan futsalnya saja sedangkan  untuk bangunan harus lebih besar. Lapangan futsal indoor paling tidak membutuhkan minimal 20 x 30 mtr = 600 mtr untuk lapangan saja sedangkan fasilitas pendukung seperti area parkir, ruang ganti, toilet dll masih harus di sediakan. Jadi untuk membuat sebuah lapangna futsal yang ideal membutuhkan lahan kurang lebih 800 - 1000 mtr.

Demikian informasi tentang ukuran lapangan futsal, semoga membentu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner