Selasa, 12 Maret 2013

Outline Skripsi Yang Baik Dan Benar

,
Outline Skripsi Yang Baik Dan Benar. Outline skripsi merupakan bahan dasar untuk membuat skripsi karena di dalamnya berisikan judul skripsi, pendahuluan (latar belakang, tujuan penelitian dan hipotesis, tinjauan pustaka dan bahan dan metoda penelitian yang akan di laksanakan untuk skripsi. Outline adalah garis besar dari skripsi yang akan dibuat. Outline ini biasanya diseminarkan untuk mendapat persetujuan dari ketua program study. Apakah boleh diteruskan menjadi skripsi atau tidak

Berikut adalah contoh outline skripsi dengan judul “Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat Pada Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006”.

A. Latar Belakang

Melalui pendidikan, manusia dapat mengembangkan potensi dirinya.  Hal itu terkait dengan tujuan pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian. Pembentukan dan pengembangan kepribadian tersebut dapat dicapai melalui latihan dan  pengajaran-pengajaran yang terencana dan terarah. Contoh Outline Skripsi Terkait dengan hal tersebut,  Sardiman (1996:57) menyatakan bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan suatu proses yang sadar tujuan.  Artinya kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan, terikat dan terarah pada tujuan yang ingin dicapai

Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara tingkah laku yang baru, berkat pengalaman dan latihan. Tingkah laku yang baru itu, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pengertian baru, serta timbul dan berkembangnya sifat-sifat sosial, susila, dan emosional (Aqib, 2002:42).

Pada hakekatnya belajar merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus (soal) dan respons (jawab) dan pengulangan terhadap materi untuk memperbesar peluang timbulnya respons benar. Seperti pepatah “latihan menjadikan sempurna” (Edward L. Thordike dalam Dimyati, 2002:46). Lebih lanjut Thordike mengemukakan beberapa dalil atau hukum yang mengakibatkan munculnya stimulus respons ini, yaitu kesiapan, hukum latihan, dan hukum akibat. Teori tersebut dinamakan teori stimulus respons.

Para guru perlu mengenal cara-cara memotivasi siswa untuk belajar. Motivasi belajar pada mulanya adalah suatu kecenderungan alamiah dalam diri umat manusia, tetapi kemudian terbentuk sedemikian rupa dan secara berangsur-angsur, tidak hanya sekedar menjadi penyebab dan mediatur belajar tetapi juga sebagai hasil belajar itu sendiri (Jaynes, 2004 : 19)

Pendidikan matematika terkenal sulit dan menyebalkan. Hal itulah yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi seorang calon guru matematika untuk membuktikan keprofesionalannya bahwa tanggapan semua itu salah. Guru matematika perlu senantiasa meningkatkan usahanya agar berbagai nilai luhur yang terkandung dalam matematika dapat disampaikan kepada siswanya dengan baik. Nilai-nilai itu perlu diwarisi, dimiliki, dan dikembangkan demi kepentingan masyarakat dan pribadinya. Salah satu diantaranya adalah minat untuk mempelajarinya, sehingga nilai-nilai luhur matematika dapat tertanam dalam kebiasaan dan kehidupannya.

Sebagai ilmu dasar, Matematika seharusnya menjadi suatu pelajaran yang diminati dan disenangi oleh siswa. Contoh Outline Skripsi Namun kenyataannya bahwa rata-rata prestasi  siswa pada mata pelajaran Matematika selalu rendah. Demikian halnya di SMP Negeri 1  Taliwang Sumbawa Barat, khususnya siswa kelas I5 yang prestasi belajar Matematikanya selalu rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian pada setiap pokok bahasan yang menunjukkan tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa, yaitu minimal 85% siswa mendapat nilai minimal.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan Metode Latihan Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  kelas I SMP  Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada pokok bahasan segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006 ?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas I SMP  Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pokok bahasan segitiga tahun pelajaran 2005/2006.

D. Hipotesis

Hipotesis penelitian yang dapat dirumuskan adalah metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SMP Negeri I Taliwang pada pokok bahasan segitiga.

E. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti siswa, guru, dan orang tua. Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan refleksi terhadap hal-hal yang telah dan akan dilakukan. Sedangkan bagi guru, hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif cara pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di sekolah. Selain itu dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan cara-cara atau pendekatan-pendekatan lain dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.

F. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian

Penelitian ini terbatas pada :

1. Mata pelajaran  matematika konsep segitiga.
2. Siswa kelas  I SMP Negeri I Taliwang tahun pelajaran  2005/2006.

Demikian informasi tentang outline skripsi yang baik dan benar semoga membantu dan jangan lupa untuk membca informasi yang lain yang berhubungan dengan skripsi di bawah ini.

Tag : contoh outline skripsi manajemen pemasaran, contoh outline skripsi hukum, contoh outline skripsi akuntansi, contoh outline skripsi komunikasi, contoh outline skripsi sistem informasi, contoh out line, outline skripsi manajemen sumber daya manusia, contoh outline skripsi download
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pendidikan

0 komentar to “ Outline Skripsi Yang Baik Dan Benar ”

Poskan Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner