Minggu, 24 Februari 2013

Kitab Betaljemur Adammakna Primbon Jawa Kuno

,
Kitab Betaljemur Adammakna Primbon Jawa Kuno. Anda pasti sering mendengar tentang primbon jawa tetapi bagaimanakah arti dari primbon jawa kuno?. Primbon Jawa Betaljemur Adammakna adalah sebuah kitap primbon jawa kuno yang di dalamnya terdapat primbon tentang  perjodohan, pernikahan, ramalan cinta, weton, jual beli, pindah rumah sampai kematian dan masih banyak lagi. Intinya, kitab primbon ini mengulas secara lengkap kehidupan sehari – hari tradisi masyarakat Jawa.

Dalam primbon Betaljemur Adammakna terdapat secara detail bagaimana cara menghitung weton pasangan, tanggal lahir hingga berlangsungnya akad nikah akan dihitung secara jelimet dan lengkap. Menurut primbon Betaljemur Adammakna jika weton antara kedua pasangan tidak cocok maka pernikahan bisa batal atau keluarganya menjadi tidak harmonis.

Kalau kita sering mendengar zodiak maka Primbon Betaljemur Adammakna ada istilah weton. Misalnya kita lahir Sabtu Pahing berarti weton kita berjumlah 18 yang diambil dari Sabtu bernilai 9 dan Pahing bernilai 9 kemudian dijumlahkan. Dari weton inilah kita dapat mengetahui bagusnya berjodoh dengan weton berapa, sifat – sifat kita, karir/ pekerjaan yang cocok, kesehatan dll. Dan masih banyak lagi yang diatur dalam kitab karya Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat ini.

Kitab Primbon Jawa Betaljemur Adammakna ini merupakan warisan leluhur yang mempunyai nilai sangat tinggi. Walaupun sudah sangat berumur ratusan tahun, namun primbon ini masih sangat relevan hingga saat ini tetapi sering sekali banyak orang yang tidak percaya lagi pada saat ini.

Kalau ingin memiliki kitab ini maka anda akan mengalami sedikit kesulitan karena sudah  menjadi barang langka yang jarang di jual di toko buku.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait primbon

2 komentar :

  1. emang sulit klo cari bukunya... ane juga belum nemu nemu..

    BalasHapus
  2. di alun2 ponorogo banyak, di jual tiap malem hehe.

    BalasHapus

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner