Saturday, February 23, 2013

Hasil Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013

Hasil Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Pemilihan Gubernur Propinsi Jawa Barat dilaksanakan pada hari minggu 24 Februari 2013. Semua TPS memulai pemungutan suara semenjak pukul 7:00 dan di tutup pada pukul 12:00. Bagaimanakah hasil dari pemilihan gubernur ini.

Berikut adalah lima pasangan calon yang berlaga dalam Pilgub Jabar 2013.

Nomor 1 pasangan independen, Dikdik Mulyana Arif Mansyur-Cecep NS Toyib;
Nomor 2 Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul diusung Partai Golkar;
Nomor 3 Dede Yusuf dan Lex Laksamana yang diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra;
Nomor 4. Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar yang maju dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), partai Bulan Bintang (PBB) dan partai Hanura; dan,
Nomor 5. Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki yang diusung PDI Perjuangan.

Bagaimana peluang mereka?

Hasil survei menempatkan Dede-Lex, Aher-Deddi dan Rieke Teten sebagai tiga besar pasangan cagub dan cawagub Jabar. . Sementara Dikdik-Cecep dan Yance-Tatang kurang mendapat suara.  Survei Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Unpas, yang mencatat Yance mendapat 14,6 persen. Lalu dalam survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika Universitas Padjadjaran (Unpad) elektabilitas keduanya hanya 8,63 persen.

Di puncak klasemen Dede Yusuf dan Lex Laksamana kua dan populer di Jawa Barat. Sementara Lex adalah mantan Sekda Jabar. Seorang birokrat yang berpengalaman. Survei di Unpas (32,7 persen) dan Unpad (31,28 persen) menempatkan mereka pada posisi nomor satu.

Aher dan Deddy Mizwar menempati posisi kedua sebagai pemenang pilgub jabar dari survei Unpad mereka mendapat 26,46 persen suara, di Unpas 21,6 persen.

Rieke-Teten berada pada posisi ketigapelakon Oneng dalam film Bajaj Bajuri sementara Teten aktivis antikorupsi yang mendirikan Indonesia Corruption Watch. PDI Perjuangan tengah jumawa karena pasangan Jokowi-Ahok menang di Pilgub DKI Jakarta. Guna mendongkrak suara Rieke, Jokowi juga ditunjuk jadi juru kampanye.

Kita tunggu saja hingga nanti semua tps melakukan penghitungan suara supaya siapa yang menjadi pemenang pemelihan gubernur jawa barat dapat di ketahui.

"Ketiganya memiliki elektabilitas yang cukup baik, sehingga peluang sangat terbuka," kata Toni Toharudin, di Kampus Unpad Bandung, Jumat (28/12).

Sementara itu Pusat Kajian dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) punya keyakinan berbeda berdasar hasil survei mereka. Puskaptis memprediksi Aher-Deddy menang. Tetapi Pilgub berlangsung dua putaran.

"Dari hasil penelitian, Aher-Deddy 30,80% sedangkan Dede-Lex 27,04%. Dengan begitu Pilgub Jabar akan berlangsung dua putaran," ujar Direktur Puskaptis, Husin Yazid, saat memaparkan hasil Survei, di salah satu Cafe di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/2).

No comments:

Post a Comment

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner