Senin, 25 Februari 2013

Cara Budidaya Tanaman Cabai Organik Pot/Polibag

,
Cara Budidaya Tanaman Cabai Organik Dalam Pot/Polibag. Setiap orang pasti kenal tanaman cabai karena tanaman ini merupakan salah satu kebutuhan utama untuk memasak di dapur, tetapi seringkali banyak keluarga yang mengeluh pada saat harga cabe mahal padahal cabe tersebut dapat di tanam di polibag atau pot di samping rumah. Produksi budidaya cabe organik dalam polibag tidak kalah dengan yang ditanam dilahan. Bahkan menanam cabe organik dalam polibag atau pot lebih mudah pengelolaannya dalam hal pemupukan maupun pengendalian hama penyakit.


Klasifikasi tanaman cabe :
Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi        : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas        : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Asteridae
Ordo        : Solanales
Famili        : Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus        : Capsicum
Spesies        : Capsicum annum L.

Jenis - jenis tanaman cabe :
1. Cabai Keriting,
biasanya jenis cabai ini lebih sering digunakan untuk membuat sambal. Seperti sambal terasai, sambal tomat, atau juga bisa dijadikan irisan cabai untuk menumis sayuran seperti kangkung atau sejenisnya.
2. Cabai Rawit,
 jenis cabai ini yang biasa disebut dengan kecil-kecil cabai rawit, karena walaupun bentuknya yang kecil dan imut cabai ini mempunyai rasa yang cukup pedas. Biasanya digunakan sebagai pelengkap ketika anda sedang menyantap berbagai jenis gorengan seperti tahu, tempe goreng dan sebaginya.
3. Cabai Hijau,
melihat bentuknya yang besar dibanding jenis cabai lainnya biasanya cabai hijau digunakan untuk membuat sambal cabe hijau yang biasanya terdapat pada masakan daerah Padang Sumatera Barat. Rasanya yang khas membuat sambal cabai hijau tersebut cukup digemari oleh berbagai kalangan.
4. Cabai Rawit Orange,
biasa disebut dengan julukan cabai gila, jenis cabai ini paling peda diantara berbagai jenis yang ada di Indonesia. Jika dibandingkan satu buah cabai ini mempunyai tingkat kepedasan dengan 10 cabai rawit hijau biasa. Tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah berlebih karena bisa menyebabkan sakit perut dan tenggorokan yang terasa panas terbakar. Namun bagi anda pengemar masakan yang super pedas anda pasti tidak akan ragu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Cara Penanam cabe organik dalam pot/ polybag :
1. Isi tanah kompos kedalam polibag atau pot
2. Masukkan 3 biji cabe kedalam polibag atau pot tersebut.
3. Siram polibag dengan air secukupnya.
4. Letakkan polibag atau pot di tempat yang mendpat cahaya penuh. Jangan letakkan tempat yang teduh karena tanaman cabe akan mengalami etiolase (panjang dan lemas tapi buah sedikit).
5. Siram setiap pagi dan sore hari kecuali hujan
6. Amati hama dan penyakit, jika ada serangan lakukan pengendalian dengan cara manual.
7. Tunggu sampai tanaman cabe berbuah dan bisa kita petik serta kita nikmati pedasnya.

Demikian informasi cara budidaya tanaman cabe dalam pot jangan lupa baca cara budidaya tanaman cabai, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pertanian

0 komentar to “ Cara Budidaya Tanaman Cabai Organik Pot/Polibag ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner