Senin, 18 Februari 2013

Jenis - Jenis Kelapa Sawit

,
Jenis - Jenis Kelapa Sawit. Buah kelapa sawit terbentuk pada bakal buah dan disebut buah sejati tunggal dan berkelamin (carnosus). Proses pembentukan buah sejak saat penyerbukan sampai buah matang lebih kurang 6 bulan. Buah dapat juga terjadi lebih lambat atau lebih cepat tergantung dari keadaan iklim setempat. Dalam satu tandan dewasa dapat mencapai lebih kurang 2000 buah. Biji kelapa sawit terdiri atas beberapa bagian penting. Biji merupakan buah yang telah terpisah dari bagian buah, yang memiliki berbagai ukuran tergantung tipe tanaman. Bagian buah inilah yang menjadi bahan pembeda berbagai jenis kelapa sawit.

Berdasarkan ketebalan daging buah (mesocarp) dan cangkang (endocarp) kelapa sawit di bagi menjadi 3 klasifikasi :
1.Dura
Dura memiliki ciri – cirri daging buah (mesokarp) tipis dan cangkang (endocarp) tebal. Kelapa sawit jenis ini memiliki rendemen CPO dan PKO yang rendah.

2.Psifera
Psifera memiliki ciri – ciri daging buah (mesokarp) sangat tebal tetapi cangkang dan biji sangat kecil. Jenis kelapa sawit ini memiliki produksi CPO yang tinggi tetapi pada kenyataan di lapangan jenis ini menghasilkan sedikit bunga betina sehingga produksinya rendah.

3.Tenera
Tenera adalah hasil persilangan dengan induk betina adalah dura dan induk jantan adalah Psifera dimana jenis ini memiliki ciri daging buah (mesocarp) tebal dan cangkang tipis tetapi memiliki ukuran kernel yang besar sehingga produksi CPO dan PKO tinggi. Jenis tenera inilah yang disebut dengan bibit unggul kelapa sawit.

Berdasarkan perubahan warna kulit buah maka kelapa sawit di bedakan menjadi 3 jenis yaitu :
1. Nigresent
Yaitu jenis kelapa sawit yang saat muda kulitbuah berwarna hitam dan saat matang berwarna kemerah-merahan.

2. Veresent
Yaitu jenis kelapa sawit dengan ciri saat muda kulit buah berwarna hijau dan saat tua berubah menjadi warna kuning

3. Albesent
Yaitu jenis kelapa sawit yang berbuah albino yaitu saat muda berwarna putih dan setelah tua berwarna agak kekuningan.

Demikian dulu informasi tentang jenis-jenis kelapa sawit, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pertanian

0 komentar to “ Jenis - Jenis Kelapa Sawit ”

Poskan Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner