Jumat, 22 Februari 2013

Cara Budidaya Tanaman Sawi

,
Cara Budidaya Tanaman Sawi Pakcoy. Sawi merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang sangat mudah di jumpai di dapur rumah itu artinya bahwa pangsa pasar untuk tanaman sayur ini masih sangat menjanjikan. Sawi merupakan tanaman yang tahan terhadap air hujan dan masa panen adalah 40 hari setelah tanam.
Prospek bisnis sawi sangat menarik karena peminatnya yang cukup banyak. Permintaan pasarnya juga cukup stabil, sehingga resiko kerugian petani sangat kecil.

Jeni - jenis sawi popular :
1.sawi hijau
2.sawi putih
3.sawi pakcoy atau caisim.

Cara Budidaya tanaman budidaya sawi pakcoy :
1. Bersihkan lahan yang akan di tanam dari sisa tanaman
2. Lakukan pencangkulan lahan terlebih dahulu dan berikan pupuk kandang 20 ton/ha, TSP 100 kg/ha, dan 75 kg/ha. Dan menjaga kadar pH tanah, kandungan pH yang dianjurkan untuk tanaman sawi adalah 6-7.
3. Buatlah bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 120 cm, dan panjang 100 meter. Sedangkan jarak antar bedenagn yaitu 30 cm, yang kemudian dibuat parit dengan diisi air setinggi 20 cm untuk penyediaan air bagi tanaman.
4. Buat pembibitan
- Ciri-ciri bibit yang baik antara lain berbentuk bulat, kecil-kecil, permukaannya licin mengkilap dan agak keras, warna kulit bibit cokelat kehitaman.
- Pembibitan dimulai dengan menyiapkan media tanam berupa bedengan dengan ukuran satu meter persegi, kemudian diberikan pupuk terlebih dahulu. Pupuk yang digunakan adalah 10 kg pupuk kandang, pupuk urea sebanyak 20 gram, pupuk TSP sebanyak 10 gram, dan pupuk KCL sebanyak 7,5 gram. Pembibitan dilakukan dengan menabur benih di seluruh media tanam secukupnya, sesuai dengan luas lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya. Biasanya takaran idealnya 750 gram bibit untuk 1 hektar lahan.
- Setelah ditebari bibit, media ditutupi tanah kembali dan dilakukan penyiraman setiap hari dengan menggunakan penyemprot. Selanjutnya sawi akan dipindahkan ke lahan tanam yang lebih besar, setelah berusia 3 minggu. Dengan jarak tanam antar bibit 20 cm x 20 cm.
5. Lakukan pemeliharaan meliputi penyiraman 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari
6. Lakukan penjarangan (mencabuti tanaman yang tumbuh terlalu rapat)
7. Penyulaman (penggantian tanaman yang mati atau rusak)
8. Bersihankan gulma,
9. Pemupukan tambahan yang diberikan pada saat tanaman berumur 3 minggu.
10. Setelah berumur 40 hari, tanaman sawi pakcoy sudah bisa dipanen.
Cara panen sawi adalah dengan mencabut tanaman hingga akarnya. Panen bisa dilakukan setiap minggu sekali, dengan mengatur waktu tanam satu bendengan dengan bendengan lainnya.

Demikian informasi tentang cara budidaya tanaman sawi semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pertanian

0 komentar to “ Cara Budidaya Tanaman Sawi ”

Posting Komentar

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner