Jumat, 08 Februari 2013

Contoh Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar.

,
Contoh Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar. Ingin melamar pekerjaan tetapi binggung untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, anda sedang membaca artikel yang tepat karena akan di sajikan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar tahun 2013.
Beberapa langkah membuat surat lamaran pekerjaan yang baik harus mengikuti aturan berikut ini :
  • Hindari penumpukan gagasan
  • Hindari kalimat mubazir : Contoh kurang tepat : "Saya adalah merupakan pekerja keras yang sanggup bekerja di bawah tekanan". Contoh kalimat efektif : "Saya adalah pekerja keras yang sanggup bekerja di bawah tekanan".
  • Menggunakan Gaya bahasa baku dalam isi surat lamaran kerja, Hindari penggunaan bahasa gaul dan sejenisnya juga kalimat yang mengandung makna konotasi. Apabila isi surat lamaran menggunakan bahasa Indonesia, maka gunakan kalimat sesuai EYD. Gunakan kalimat yang jelas subjek, predikat, objek dan keterangan-nya. Hindari pengggunaan kalimat yang panjang dan perhatikan tanda baca. Meskipun hanya tanda baca titik (.), apabila tidak dibubuhkan, maka dapat mencerminkan Anda sekilas sebagai pribadi yang kurang teliti.
  • Pahami Bagian-bagian Surat
  • Kepala Surat, Kepala surat umumnya terdiri dari nama pribadi, alamat lengkap, nomor telepon dan alamat e-mail ataupun situs. Fungsi umum kepala surat adalah agar identitas Anda segera diketahui.
  • Tanggal Surat, Penulisan tanggal surat sebaiknya tidak disingkat. Penulisan nama bulan sesuaikan dengan EYD, misal bulan November sebaiknya tidak ditulis dengan Nopember. Penulisan tanggal umumnya diletakkan tepat di bawah kepala surat.
  • Lampiran dan Hal, Seperti halnya surat resmi, nomor surat, lampiran dan hal merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Namun karena surat lamaran kerja tidak mewakili sebuah lembaga/instansi, maka nomor surat dapat ditinggalkan
  • Penujuan Surat, Isi penujuan surat terdiri dari nama penerima surat, nama instansi/lembaga dan alamat penerima surat.  Dasar penulisan sama dengan dasar penulisan pada kepala surat, namun ditambahkan kata "Yth." sebelum nama penerima atau kata "Kepada :" di atas nama penerima, namun tidak dianjurkan menggunakan keduanya secara bersamaan, pilih salah satu di antaranya.
  • Salam Pembuka, Salam pembuka umumnya menggunakan kalimat "Dengan Hormat", "Assalamualaikum" atau "Salam Sejahtera" diakhiri dengan tanda baca koma (,).
  • Isi Surat, Isi surat adalah bagian untuk mengemukakan maksud Anda serta menginformasikan sekilas pandang tentang jati diri Anda. Tulislah isi surat secara informatif, efektif dan sistematis. Informatif berarti isi surat Anda mudah dimengerti. Efektif berarti isi surat Anda terfokus dan tidak bertele-tele. Sistematis berarti isi surat Anda ditulis secara runut mulai dari pembuka, inti surat hingga bagian penutup. Isi surat sebaiknya tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Informasi yang umum terdapat pada isi surat lamaran kerja adalah : sumber informasi lowongan, identitas/deskripsi diri singkat, ucapan terima kasih atas perhatian perekrut dan juga ungkapan harapan apabila diperlukan
  • Salam Penutup, Salam penutup dapat menggunkan kalimat "Hormat Saya", "Wassalamualaikum" diakhiri dengan tanda baca koma (,).
  • Tanda Tangan dan Nama Terang, Isilah tanda tangan dengan jelas dengan ukuran proporsional. Gunakan tinta warna gelap dan netral (hitam/biru). Nama terang dituliskan tepat di bawah tanda tangan, isikan dengan nama lengkap beserta titel.
Contoh Surat Lamaran Kerja
______________________________________________________________
                                                                                                Jakarta, 01 Februari 2013
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
HRD Bank BRI
Jl. ........................
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari Bank BRI, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 05 Februari 2013. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing Bank BRI

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama : ......................
Tempat & tgl. lahir : ..............................
Pendidikan Akhir : ..........
Alamat : ...........................
Telepon, HP, e-mail : ...............................
Status Perkawinan : .......................

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, Outlook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,


..........................

Demikian informasi tentang contoh lamaran pekerjaan yang baik dan benar 2013, semoga bermanfaat.
Jika Anda Suka Dengan Artikel di Atas Silahkan Dibagikan Melalui Widget Dibawah Ini

Artikel Terkait pendidikan

1 komentar :

Jika kamu suka dengan artikel blog ini silahkan berlangganan lewat Email secara gratis, silahkan masukkan email kamu dan klik LANGGANAN:

Delivered by FeedBurner